728x90 AdSpace

Latest News

mahar4d. Powered by Blogger.
Monday 24 April 2017

SYARAT YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH TEMAN

SYARAT YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH TEMAN
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ayyuhal ikhwan hafidzoh kumullah, berkat nikat, rahmat serta hidayah Allah SWT kita masih diberikan nafas hingga detik ini dan tanpa suatu kekurangan apapun dan dan tentunya kita mengharapkan segala sesuatu yang kita yang kita kerjakan dihitung sebagai ibadah dihadapan Allah SWT. Ayyuhal ikwan hafidzoh kumullah pada kesempatan kali ini, kami akan menulis tentang apa yang pernah kami ngaji bersama ustadz kami dalam pembahasan syarat-syarat dalam memilih teman dalam kita yang ditulis imam besar Imam Al Ghazali.
   Pada bahasan kali (bab) ini kita dijelaskan bagaimana tatacara bersosial salah satunya etika dalam berteman yaitu dimulai dari yang paling awal “syarat-syarat berteman / memilih teman”, kalau diteliti lebih lanjut beliau dalam hal kecil berikut hingga menuliskan dalam kitabnya !!! Berarti disini terdapat hal yang sangat penting yang ingin dijelaskan beliau kepada kita semua tentang adab / syarat berteman sehingga kita mempu selamat dari perbuatan yang buruk-buruk.
=====================================================
   “ Manakala kamu mencari teman agar dia menjadi partner kamu dalam belajar juga dalam urusan agama dan urusan dunia maka perhatikan dalam diri temanmu 5 ( lima ) perkara dalam bersosial :“ jadi dalam berteman perhatikanlah 5 perkara yang akan dijelaskan dibawah berikut agar kamu dapat mendapat teman yang dapat diajak dalam segala hal, 5 perkara berikut merupakan hal yang harus ada dalam diri temanmu agar membawa kebaikan dalam kehidupanmuu.
“5 ( lima ) perkara tersebut sebagai berikut :
“ AKAL : tidak baik dalam berteman dengan orang tolol, karena pada bubar dan putus suatu hubungan akhir pertemanan itu kembali, kalau orang paling baik kelakuan tolong terpaksa itu akan membahayakan padahal dia bermaksud memberi keuntungan sama kamu , adapun musuh  yang berakal itu lebih baik dari teman yang tolol / tidak berakal ”. Perlu diketahui disini syarat pertama yang harus diperhatikan dalam memilih teman yaitu Akal Yang dimaksud disini dengan akal yaitu bukan hanya kemampuan berfikirnya. perlu diketahui dalam bahasa indonesia ada kata yang mirip seperti berikut : Tolol, Bodoh, Goblok dan orang belum tau secara general arti semuanya yaitu tidak pintar tetapi kalau kita teliti terdapat perbedaan Bodoh yaitu orang yang mau belajar tapi sulit untuk memahami. Goblok yaitu Orang tidak mau belajar dan tidak mau belajar sedangkan tolol berarti diatas pangkat dari goblok.
Berakhlaq Baik : Jangan berteman dengan orang yang buruk perangainya yaitu orang yang tidak dapat mengendalikan dirinya disaat marah dan punya keinginan.
Kebaikan Hati : Jangan kamu berteman dengan orang fasik dia selalu berbuat maksiat besar.
Rakus Dunia : jangan berteman dengan orang yang rakus akan dunia sesungguhnya orang yang rakus akan dunia jika dijadikan teman menjadi racun yang dahsyat.
Shiddiq : jangan berteman dengan orang yang suka berbohong, karena kamu tertipu olehnya. Sesunggguhnya dia bagaikan fatamorgana.
Barangkali kamu tidak menjumpai seluruh 5 perkara itu dalam penghuni sekolah (pelajar) dan orang yang berada dimasjid, maka ambillah satu dari 2 perkara berikut :
Adakalanya menyendirilah
Berkomunikasilah pada orang tersebut sesuai dengan kebutuhanmu “
=====================================================
Jadi Imam Al Ghozali berpesan dalam kitabnya kepada kita bagaimana syarat dalam berteman, apa saja hal yang harus diperhatikan dalam berteman !!! 5 perkara yang dijelaskan beliau tersebut insyaAllah akan memberikan teman yang bisa diajak dalam hal belajar, urusan agama dan urusan dunia dan apabila dalam dunia ini tidak ada yang sempurna atau tidak ada yang memiliki kelima (5) sifat tersebut dalam hati seorang maka beliau memberikan solusi bagaimana kita bersosial dengan orang orang tersebut agar kita tetap saling menjaga persaudaraan dengan sesama muslim / lingkungan sekitar yaitu dengan cara :
Menyendiri Mungkin dengan inilah yang dapat menjadikan kamu selamat dari malapetaka yang timbul akan teman teman yang buruk.
Berkomunikasi Seperlunya tentunya hal ini sangat perlu karena kita tidak mungkin memutus komunikasi begitu saja kepada teman. Malah jika kamu tidak mau berkomunikasi atau langsung memutud hub komunikasi ini justru lebih buruk dampaknya dalam hidupmu.
  
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: SYARAT YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH TEMAN Description: Rating: 5 Reviewed By: Abdul Khafit
Mahar
Scroll to Top